Liputan6.com, Jakarta Kereta Api masih menjadi salah satu moda tranportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia untuk mudik Lebaran. Selain sudah banyak dilakukan pembenahan, penambahan fasilitas oleh PT KAI juga membuat penumpang makin nyaman menggunakan Kereta Api. Namun demikian, Anda juga perlu mengikuti beberapa tips berikut ini agar mudik Lebaran menggunakan kereta api menjadi lebih aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan.

Pastikan Tiket Booking Sudah Kamu Tukarkan dengan yang Asli

Seperti pesawat, kereta api kini juga lebih mengandalkan sistem online dalam pembelian tiket. Ada, sih, yang dijual di loket kereta api, khusus buat kamu yang masih belum kebagian booking online. Untuk yang sudah dapat tiket booking, jangan lupa menukarkannya dengan tiket yang dicetak di stasiun tempat kamu berangkat, ya.

Mudik dengan membawa puluhan dus karton itu old school banget. Buat traveler jaman now, mudik nggak harus pelik. Untuk urusan oleh-oleh atau barang bawaan lain, mending titipkan lewat jasa antar paket saja. Memang, akan ada biaya tambahan untuk kirim barang-barang tersebut. Tapi setidaknya perjalananmu jadi lebih lancar dan nggak khawatir bawaan hilang dicuri orang karena sudah diantarkan sampai ke rumah di kampung halaman.

Kalau celana pendek membuatmu lebih nyaman saat perjalanan jauh naik kereta api, pakai saja. Begitu juga dengan celana panjang, kaos, kemeja, dan lain-lainnya. Intinya, buatlah busana kamu senyaman mungkin agar perjalananmu lebih tenang, nggak khawatir resah gara-gara saltum. Jangan lupa sediakan jaket kalau naik kereta api kelas eksekutif karena hawa di dalam gerbong biasanya terlalu dingin di malam hari.

Perjalanan jauh, buat kamu yang pendiam, pasti bakal seperti neraka. Sulit bicara dengan orang lain bikin rasa bosan begitu mudah datang dan mengendap. Beda kalau dirimu adalah sosok yang supel, bisa bicara 24 jam dengan topik yang nggak pernah basi.

Tapi, tipe apa pun dirimu, sebaiknya siapkan benda-benda yang bisa mengusir rasa bosan. Misal, gadget, smartphone, lengkap dengan power bank, charger, dan kuota data melimpah. Biar bisa tetap internetan, dengar streaming-an musik, atau main game mobile kesukaanmu sepanjang perjalanan.

Setiap perjalanan kereta api akan selalu dikawal oleh beberapa Polisi KA. Nah, jangan macam-macam untuk melanggar peraturan, ya. Misal, naik tanpa tiket atau merokok di dalam gerbong. Kalau ketahuan, risiko kena usir dari kereta api tumpanganmu. Nggak cuma harus keluar duit tambahan, tapi juga rasa malu dilihat para penumpang lainnya.

Itulah lima tips mudik nyaman dan aman naik kereta api sampai ke kampung halaman. Selain hal-hal di atas, jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan waspada terhadap barang bawaan sepanjang perjalanan. Semoga kamu selamat sampai tujuan, bertemu kembali dengan keluarga tercinta.

Sumber: merdeka.com

Simak juga video menarik berikut ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here