Liputan6.com, Jakarta – Anda pernah merasakan jatuh cinta? Jika pernah, Anda mungkin tak berpikir apa reaksi yang terjadi pada otak seorang pria yang sedang jatuh cinta.

Otak memiliki peran sangat penting karena memberi reaksi berbeda. Dari otak berpengaruh ke hati kemudian berlanjut ke perasaan.

Ada enam hal yang terjadi pada otak pria saat sedang jatuh cinta, seperti dilansir dari Bustle, Rabu, 7 November 2018. Apa saja itu?

Tidak Merasa Sakit

Cinta lebih kuat daripada tes laboratorium. Hal itu dapat mengurangi rasa sakit fisik hingga separuhnya. Hal tersebut diungkapkan neuroscientist Jared Younger.Terungkap, otak berfungsi mengirim pesan pada sumsum tulang belakang untuk memblokir pesan rasa sakit.

Berhenti Merokok

Jarred Younger juga menemukan fakta unik dalam penelitiannya mengenai otak pria saat jatuh cinta, yaitu menghentikan kebiasaan buruk. Salah satunya merokok. Menurut Younger, otak pria akan lebih mudah memutuskan kecanduan terhadap sesuatu ketika jatuh cinta.

Kecanduan tersebut rupanya beralih kepada pasangannya. Rasa cinta lebih besar terhadap kecanduan lain. Pria yang sedang jatuh cinta hanya melihat perempuan yang ia cintai sebagai obat yang paling manjur segala hal dalam hidupnya. Hormon kebahagiaan seperti oksitosin, endorfin, dan dopamin akan terus dilepaskan dari otak untuk menggantikan hormon yang dipicu oleh barang candu.

Peduli Hal-Hal Kecil

Secara umum, saat sedang jatuh cinta, orang akan lebih peduli terhadap hal-hal kecil. Sebut saja seperti cara bersikap, mencukur janggut, pakaian, parfum, bahkan jerawat kecil yang tumbuh di wajah. Biasanya, seorang pria yang sedang jatuh cinta berubah lebih bersih, rapi, dan higienis.

Tak Bisa Berpikir tentang Hal Lain

Sementara itu, psikolog klinis Josh Klapow mengatakan lelaki yang sedang jatuh cinta hanya bisa membayangkan perempuan yang disukainya. Tak ada hal lain yang mampu dipikirkannya.  Hal itu sering dianggap bisa mengganggu pikiran, tapi hati tetap bahagia.

Mengubah Kata dari Aku Jadi Kita

Bila pria mulai menggunakan kata kita daripada aku saat memutuskan sesuatu, itu adalah sinyal bahwa pria itu benar-benar bahagia dengan perempuan pilihannya. Ia bisa jadi mulai menilai Anda sebagai bagian dari masa depannya. (Febi Anindya Kirana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here