Fokus, Jawa Tengah – Para pecinta cokelat kini bisa merasakan olahan yang berbeda. Seorang warga di Boyolali, Jawa Tengah mengolah cokelat dengan campuran tempe goreng.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (13/2/2018), di tangan seorang warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, gurihnya tempe dan manisnya cokelat dipadukan menjadi camilan yang istimewa. Meski berawal dari ketidaksengajaan, namun resep yang dibuat oleh Ayu ternyata mampu menjadi daya tarik pecinta cokelat.

“Pertama dicicipi terasa enak tapi aneh. Lalu dikembangkan, tambah resep dan bumbu. Dijadikan satu akhirnya enak juga,” kata Ayu Fitri, pembuat cokelat tempe.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, cokelat batangan dilelehkan. Lalu ditempat terpisah, tempe yang sudah diiris tipis digoreng. Kedua, tempe dihancurkan lalu dicampur kedalam cokelat leleh. Terakhir, adonan cokelat siap dituang ke dalam cetakan dan dimasukkan ke lemari pendingin.

Ada dua varian rasa yang dibuat oleh Ayu, yakni cokelat tempe biasa dan cokelat tempe pedas. Kemasan yang digunakan pun dibuat semenarik mungkin agar konsumen tertarik. Bisnis olahan cokelat tempe ini sudah merambah hingga ke Pulau Kalimantan dan Papua. Untuk satu kilonya, cokelat ini dibandrol dengan harga Rp 125 ribu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here