Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah iPhone yang diperbaiki dengan cara mengganti dengan komponen murah ternyata justru tak lagi bisa berfungsi.

Hal ini ternyata disebabkan karena pembaruan iOS 11.3 yang dengan sengaja menonaktifkan sejumlah fungsi layar sentuh, saat layar diganti dengan komponen dari pihak ketiga yang lebih murah.

Mengutip laporan Tech Radar, Jumat (13/4/2018), masalah ini utamanya terjadi pada iPhone 8 yang baru diperbarui ke iOS 11.3.

Berdasarkan laporan Motherboard, masalah terus terjadi ketika iPhone diperbaiki oleh toko reparasi non-Apple ataupun reparasi mandiri di rumah.

Tech Radar menyebut, sebelum di-update ke iOS 11.3, layar iPhone yang sudah diganti dengan komponen pihak ketiga masih bisa dipakai. Namun setelah OS di-update, iPhone sama sekali tidak bisa digunakan.

Ini bukan pertama kalinya pembaruan software membuat iPhone yang diganti dengan layar pihak ketiga mengalami malfungsi.

Pada 2016, pengguna iPhone 6 juga tidak bisa lagi menggunakan perangkatnya setelah mengganti layar dan tombol Home dengan layar dari pihak ketiga.

Apple telah membuat langkah baru untuk meningkatkan kebijakan reparasinya. Misalnya, memutuskan bahwa penggantian layar iPhone tidak akan membatalkan garansi.

Apple juga mengirimkan mesin perbaikan-perbaikan resmi iPhone ke bengkel pihak ketiga sejak tahun lalu.

Tech Radar menyebut, mereka yang memperbaiki perangkatnya ke pusat reparasi non-Apple mungkin bisa menunggu kehadiran update iOS 11.4, lantaran kemungkinan Apple akan menghapus aspek pembaruan apapun yang menonaktifkan komponen pihak ketiga tersebut.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here