Liputan6.com, Jakarta – Dari dulu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) selalu menimbulkan kontroversi. Mulai dari jawaban yang kerap bocor, anggaran yang fantastis, kualitas kertas yang jelek, dan sekarang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) turut dikecam karena soalnya yang terlalu sulit.

Berbeda dengan para milenial yang sebelumnya tidak protes ke Kemendikbud saat UN susah, sekarang para generasi Z protes dan menyindir Kemendikbud karena sulitnya UNBK.

Lantas, seperti apa kelucuan para generasi Z yang marah-marah lewat akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (@kemdikbud.ri)? Berikut beberapa komentar tentang UNBK yang lucu dan patut direnungkan.

1. Azab Menyulitkan Hidup Orang Lain

Akun yang namanya mirip Taylor Swift, yaitu @tialorswift dengan bijaksana mengutip sebuah hadits riwaya Al-Bukhari mengenai orang yang menyulitkan hidup orang lain.

“Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barang siapa menyulitkan (orang lain) maka Allah akan mempersulitnya pada hari Kiamat” (HR Al-Bukhari no. 7152).”

Komentator lain @hen_aditya juga turut mengutip hadits riwayat Al-Muslim.

“Ya Allah, barang siapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkanlah dia.” (HR Muslim).

2. UN Harus Jujur, Apakah Pemerintah Sudah Jujur?

Saat akun kemdikbud.ri memberikan tagar #prestasipentingjujuryangutama, akun @dbeautifulnightmare memberikan komentar yang patut diacungi jempol dan dijadikan renungan bersama.

“Terus apa kabar sama pemerintahan Indonesia yang gak jujur? Kenapa masyarakat dituntut jujur sedangkan mereka engga?,” tulisnya dan di-like oleh 554 akun.

Kesulitan yang dialami para peserta UNBK tidak hanya pusing, tapi mereka juga terbebani secara psikis. Soal-soal ujian yang terkesan ingin melawak pun tidak mendapatkan sambutan hangat dari peserta.

Sebetulnya, masalah beban psikis di UN sudah terjadi sejak lama. Hanya saja, baru generasi Z yang paling keras menyuarakannya berkat adanya media sosial.

3. Apa itu Napas?

Ketika akun Kemdikbud.ri menulis penulisan kata nafas atau napas, ternyata para warganet tidak terlalu peduli, justru mereka berharap peserta masih bisa bernapas saat mengerjakan UNBK.

“semoga yg UN masih berNAPAS yaa pak,” ujar akun @latifkustalani.

“Semoga UN biologi kali ini bukan soal kedokteran UI,” tulis akun @imadeekosatria.

“Semoga pas ngerjain biologi masih inget napas hehe,” sebut akun @putriameliyaa.

4. Kelas 11 Angkat Suara

Melihat huru-hara pelaksanaan UNBK, seorang murid kelas 11 berinisiatif untuk memberi permohonan ke pihak Kemendikbud agar di tahun depan soalnya dapat dipermudah.

“Perwakilan dari kls 11, Pak un tahun depan, dipermudah ya pak, soalnya kami kecil kecil/polos belum ngerti apa-apa, makasih pak,” ucap akun @rifqi.alfa19

5. Kunyuk Ingin Mengerjakan UNBK di Warnet

Sebuah solusi ajaib datang dari akun @kunyuk_18. Ia meminta mengerjakan UNBK di warnet saja.

“Pak klo saya ngerjain UNBK nya di warnet boleh ga?” – @kunyuk_18

Bila dipertimbangkan dengan bijak, ide dari Kunyuk harusnya bisa diterapkan, karena internet di warnet pastinya lebih cepat dan jarang nge-lag. Warnet pun kerap menyiapkan makanan kecil dan aqua gelas sehingga pengguna bisa santai.

6. Agar-agar Dipaku

Entah sedang berusaha melucu atau kehabisan ide, karena ternyata ada sebuah soal yang bertanya tentang agar-agar dikasih paku.

Warganet dari generasi Z pun protes karena tidak pernah diajarkan hal tersebut.

“Pa ager2 kenapa di kasih paku, saya selama belajar kimia gk pernah denger ada ager2 di pake in topping paku, gak ada yang mau makan pa, kecuali limbad,” tulis akun @salomohizkia. Komentarnya pun di-like 1267 akun.

Selain agar-agar dipaku, ada juga soal-soal aneh lain seperti menghitung kejatuhan bom atom, kawin silang keledai, sabun, dan lompat dari perahu.

7. Mending Main Superstar BTS

Ada banyak keluhan tentang susahnya soal UNBK karena dianggap melebihi yang diajarkan di tempat les dan try out.

Akun @sabilapati menyayangkan hal tersebut, ia mengaku menangis saat mengerjakan ujian kimia karena soal-soalnya berbeda jauh dari soal tahun lalu.

“Saya ngerasa percuma les sana sini ngabisin duit ortu. Kalau saja saya tau mending saya main Superstar BTS aja pak dari malam,” tulisnya.

8. Lancar di Hari Terakhir

Setelah kesulitan berhari-hari, ternyata pada hari pelaksanaan terakhir ujian berlangsung dengan lancar. Akun @_gudgae pun menyampaikan apresiasinya dengan senyum lega.

“Alhamdulillah hari terakhir fisikanya lancar pak. as masukin token sama logoutnya pak. :)),” tulisnya.

Ada juga guru yang turut sedih melihat para murid yang terbebani saat mengerjakan soal UNBK. 

9. Guru Angkat Bicara

Seorang guru yang ditugaskan mengawasi UNBK mengaku turut sedih melihat kondisi para murid yang tertekan saat mengerjakan soal.

“Andai bapak lihat apa yang terjadi saat mereka mengerjakan soal soal itu… Sedih pak… Sampai segitunya membebani penerus bangsa ini,” tulis akun @mintoastuti.

Ia pun menyarankan agar selanjutnya guru lebih dilibatkan dalam pembuatan soal, agar murid tidak pada hati.

10. Sahabat Mendikbud? Yakin?

Dalam salah satu postingannya, akun @kemdikbud.ri memakai tagar #SahabatDikbud saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan UNBK di Jakarta.

Namun, retorika “sahabat dikbud” disambut dengan sarkastis oleh para peserta UNBK.

“Pak, terimakasi banyak. Berkat soal-teman yang bapak buat, saya jadi tau kalo sabun punya ekor. Terima kasih,” kata akun @zir_nurii

“Bapak menteri coba liat soal fisika ngebom, bomnya udh nyampe belom,” ucap akun @evanshjt

“Terimakasih Pak atas soalnya:) saya dan teman-temann jadi lebih banyak membaca istigfar saat ujian:) Alhamdulillah ruangan kami jadi lebih berkah:),” sebut akun @_aku.siapa.ya

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here