Liputan6.com, Jakarta – Memasuki minggu terakhir di bulan Ramadan, umat muslim di Indonesia mulai bersiap-siap untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

Sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, cuti bersama Lebaran 2018 dimulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan menjelang Idul Fitri adalah pulang ke kampung halaman atau biasa disebut mudik.

Nah, menyambut mudik yang sebentar lagi akan dilakukan masyarakat Indonesia, meme seputar mudik pun mulai bermunculan di internet.

Kebanyakan meme itu menampilkan seputar mudik yang biasa dilakukan masyarakat. Mulai dari meme pengingat mudik, hingga seputar pertanyaan yang biasa diajukan saat seseorang pulang ke kampung halaman?

Lantas, apa saja meme dari warganet yang dijamin membuatmu terpingkal-pingkal? Berikut adalah meme di Instagram yang sudah dihimpun oleh Tekno Liputan6.com, Senin (11/6/2016).

 A post shared by Andri (@lifewithandri) on Jun 5, 2018 at 7:53am PDT

 A post shared by Shiner super tyre sealant (@shinersupertyre) on May 22, 2018 at 11:06pm PDT

 A post shared by aries kradianto (@arieskradianto) on Jun 21, 2017 at 3:46pm PDT

 A post shared by aries kradianto (@arieskradianto) on Jun 20, 2017 at 3:49pm PDT

 A post shared by Tukang ngacaprak (@tukang_ngacaprak) on Jun 19, 2017 at 10:33pm PDT

 A post shared by Surya Cj (@surya_cita_jaya) on Jun 20, 2017 at 12:38pm PDT

Selain di Instagram, keramaian seputar Ramadan juga terjadi di Twitter. Bulan lalu, Twitter Indonesia merilis infografis mingguan momen awal Ramadan 2018. Infografis ini berisi beragam informasi yang menyoroti akun, cuitan, tagar dan trivia mengenai Ramadan di Indonesia.

Salah satu akun informatif yang perlu diikuti selama Ramadan adalah @Liputan6.com, serta juga ada tagar favorit yang banyak digunakan pada pekan pertama bulan Ramadan.

Ada delapan tagar favorit yang digunakan para pengguna Twitter di Indonesia sepanjang pekan pertama Ramadan, yakni #ramadhan, #tarawih, #ngabuburit, #sahur, #ramadan, #puasa, #semangatpuasa dan #sawityowit.

Adapun twit populer, salah satunya berasal dari akun Twitter Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Unggahannya setelah menunaikan sholat Tarawih pertama Ramadan di Masjid Istiqlal, ternyata menarik perhatian banyak warganet.

Twitter turut memeriahkan berbagai momen penting dengan emoji, termasuk untuk Ramadan tahun ini. Menyambut datangnya bulan Ramadan, Twiter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain baru.

Tiga emoji tersebut berupa bulan sabit, piring dan gelas, serta lentera. Ketiga emoji itu akan muncul ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu.

Berikut rincian emoji edisi Ramadan 2018 di Twitter:

1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa dan #ngabuburit.

2. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan dan #Iftar.

3. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here