Liputan6.com, Jakarta – Alarm biasanya bertugas membangunkan orang dengan suara atau musik. Namun tahukah kamu kini ada teknologi yang bisa membuat alarm mengeluarkan aroma-aroma khusus?

Ya, kini ada alarm canggih yang bisa membangunkan penggunanya dengan aroma makanan dan minuman, mulai dari jus jeruk, kopi, hingga kue. Alarm tersebut bernama SensorWake Trio.

Menurut informasi yang dilansir AsiaOne, Rabu (20/6/2018), cara kerja alarm ini sama seperti alarm lain pada umumnya.

Pengguna harus mengatur jamnya terlebih dahulu dan memilih aroma mana yang akan dikeluarkan. Selain jus jeruk, kopi, dan kue, ada beberapa aroma lain yang dapat dipilih.

Pada saat membangunkan pengguna, alarm akan mngeluarkan aroma yang sudah dipilih. Jika pengguna tak kunjung bangun, alarm akan berganti dengan mengeluarkan musik.

Walau bisa memainkan musik, pengguna tidak bisa memilih musik alternatif jika mereka belum bangun juga. Yang pasti, alarm ini memprioritaskan aroma untuk membangunkan manusia.

Menariknya, alarm ini mendapat respons positif. Hanya dalam waktu tiga jam saja pada penjualan perdananya, alarm tersebut mampu meraup keuntungan sebanyak US$ 40 ribu.

Pada 2016, seorang desainer bernama Joshua Renouf memiliki ide untuk membuat alarm yang memanfaatkan aroma kopi menggantikan suara.

Perangkat alarm bernama Barisieur ini sebenarnya sudah menjadi Renouf sejak 2014 lalu.

Namun pada saat itu, Renouf dan timnya memulai pengembangan proyek ini untuk siap diproduksi.

 Pada dasarnya Barisieur merupakan jam alarm biasa yang berguna untuk membantu seseorang bangun dari tidurnya.

Hal yang membedakan adalah perangkat ini memakai aroma kopi yang diseduh sebagai tanda bangun.Dikutip dari Ubergizmo, Minggu (29/5/2016), perangkat ini sebenarnya terdiri dari jam alarm dan mesin penyeduh kopi yang menjadi satu bagian.

Jadi, saat menunjukkan waktu bangun, mesin ini akan menyeduh bubuk kopi yang disiapkan terlebih dulu.

Aroma kopi yang diseduh itu kemudian dapat menjadi tanda bagi pengguna untuk segera bangun.

Selain kopi, mesin ini juga dapat digunakan untuk menyeduh teh dan mendapatkan efek serupa.

Barisieur juga dilengkapi dengan wadah khusus tempat menyimpan susu, untuk pengguna yang tak terbiasa meminum kopi hitam.

Tak hanya itu, perangkat ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan gula yang langsung dapat digunakan.

Barisieur sendiri masih dalam tahap penggalangan dana dengan target sekitar Rp 7,5 miliar melalui Kickstarter.

Pengembang Barisieur disebut telah berhasil mengumpulkan Rp 2,2 miliar untuk saat ini.Penggalangan dana diperkirakan memakan waktu setahun, sebelum perangkat ini benar-benar dirilis ke pasaran.

Jadi, diharapkan perangkat ini baru akan dipasarkan bulan Juni tahun depan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here