Liputan6.com, Jakarta – Ada banyak jenis bau yang tersebar di dunia ini. Beberapa ada yang wangi dan enak dicium, tetapi tak sedikit pula yang menyengat dan tidak sedap. Bisa-bisa, orang yang menciumnya muntah karena baunya yang terlalu tak enak.

Ternyata, bau-bauan yang muncul dari benda-benda ini disebabkan dari unsur kimia yang terkandung di dalamnya, terutama karena struktur molekul.

Penelitian tentang itu pernah dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience.

Bau kaus kaki bekas dan juga bau telur busuk nyatanya bukan termasuk bau yang paling menyengat di dunia. Malah, buah durian yang memiliki bau paling menyengat di dunia menurut ilmu sains.

Selain bau durian, ada enam (6) jenis bau bau paling menyengat di dunia menurut penelitian ilmiah.

Penasaran apa saja? Yuk, simak daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Siapa nih yang suka dengan bau durian? Walaupun kamu suka dengan bau durian, ternyata banyak juga lho yang tidak suka dengan baunya.

Memang, secara ilmiah, bau durian ini dipengaruhi oleh adanya 44 senyawa aktif bau yang membuat durian baunya bisa bermacam-macam mulai dari telur busuk hingga bau karamel yang enak.

Bunga Rafflesia Arnoldii memang punya bau yang mirip bangkai dan sulit dideskripsikan.

Ada yang bilang bahwa baunya mirip dengan mayat busuk dengan sedikit bau amis ikan dan juga kaus kaki lembab.

Baunya memang berfungsi untuk menarik perhatian serangga atau lalat untuk membantu penyerbukan.

Meski wajahnya lucu dan menggemaskan, jangan deh tertipu dengan itu.

Hati-hati ketika mendekatinya, karena dia akan mengeluarkan bau busuk. Bau busuknya diperkirakan bisa lima hingga tujuh kali lebih tidak enak dibandingkan dengan bau yang dikeluarkan sigung.

Sebenarnya, trenggling hutan ini mengeluarkan bau untuk mempertahankan diri dari musuhnya.

Keju ini dinobatkan sebagai keju paling bau. Selain masuk dalam daftar hal dengan bau paling menyengat, Vieux Boulogne merupakan keju paling berbau busuk di dunia.

Di dalamnya terkandung bau mirip infeksi urin dan tuberkulosis menurut hasil penelitian menggunakan hidung elektrik yang bisa mendeteksi keduanya. Baunya juga mirip dengan kotoran sapi.

Seorang arkeologis menemukan kotoran ini di Odense, Denmark.

Kotoran ini sudah ada sejak abad ke-14 dan ditemukan dalam toilet purba. Bahkan ketika kotoran ditemukan dan dibuka dari wadahnya, baunya masih terasa busuk. Ini membuktikan bahwa bau busuk tersebut bertahan sangat lama.

Berdasarkan penelitian terbaru, planet Uranus punya bau yang mirip dengan bau telur busuk.

Ternyata, ada gas bernama Hidrogen Sulfida yang memang punya bau menyengat dan tidak enak. Gas itu melingkupi atmosfer planet Uranus dan membuatnya jadi bau banget.

Nah, itu bau-bau yang paling ‘bau’ sedunia menurut ilmu sains. Tapi kalau menurut pengalamanmu sendiri, apa sih hal paling bau yang pernah kamu cium? Coba ungkapkan dalam komentar berikut ini ya!

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here