Sebuah dunia yang hancur akibat kemajuan teknologi kini berada dalam keheningan dan kegelapan. Manusia menjadi makhluk yang hanya bergerak berdasarkan perintah dan menjadi budak tanpa perasaan, bekerja tanpa henti di abwah pengawasan sekumpulan sosok misterius siap menghabisi siapa saja yang tidak tunduk pada prosedur. Itulah garis besar dari Inside, game garapan Playdead yang terkenal berkat game Limbo-nya. Masih dengan nuansa warna yang cenderung monokrom, Inside kembali memberikan sebuah pengalaman unik penuh makna.

gb_Screen Inside 12

Boy Meet the (Dark) World
Dalam Inside, kamu harus mengendalikan seorang anak kecil untuk menjalankan satu misinya yang cukup mudah: membantunya menemukan jalan keluar dari berbagai bahaya yang siap menghabisi nyawanya. Untuk itu kalian harus menyelesaikan berbagai puzzle yang terdapat di sepanjang permainan. Karaktermu bisa berlari, berenang, memanjat dan lain-lain untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Misalnya dalam satu kasus, ia harus berenang di sebuah danau dan menyelam cukup dalam untuk menghindari cahaya lampu penjaga yang disorot ke danau. Tak hanya itu, si anak juga harus menemukan cara untuk memakai sebuah alat untuk menghindari serangan elektromagnetik yang mematikan.

Meski tak hadir dengan desain karakter atau dunia permainan yang sangat realistis, game ini mampu memberikan perasaan mencekam yang intens. Kualitas grafis dalam Inside tergolong tinggi, di mana berbagai hal digambarkan dengan baik meski menggunakan warna monokrom. Yang paling menonjol dari visualnya dalah bagaimana pencahayaan dalam game ini tersaji dengan sangat baik, membantu memberi “kehidupan” pada siluet-siluet lingkungan juga beragam karakter. Tak hanya itu saja, pemakaian musik instrumental di sejumlah adegan membantu para pemainnya untuk mendapatkan emosi dari peristiwa yang sedang berlangsung. Ditambah dengan efek-efek suara yang ciamik membuat setiap nuansa dalam permainan terasa meyakinkan.

Screen Inside 02

Di antara semua fitur yang terdapat dalam Inside, salah satu kekuatan utamanya – menurut tim GS – adalah bagian ceritanya yang sangat dewasa, dalam artian memiliki makna mendalam. Hal ini terlihat dari bagaimana sang developer memakai lingkungan dan karakter sebagai simbol untuk mengintepretasikan cerita. Bagi para gamer yang menyukai nuansa misterus maupun storyline yang dalam serta berbeda dibandingkan dengan game-game lain, Inside bakal membuatmu terkagum-kagum. Di sisi lain, mereka yang mengharapkan penyelesaian yang jelas pasti merasa bingung dengan kedua ending yang ditampilkan karena mungkin tidak sesuai dengan teori yang ada di kepalamu, membuatmu berkata “what??!” atau “cuma gitu aja?”.

Screen Inside 01

Conclusion
Inside merupakan sebuah game yang bakal menantangmu dengan segudang puzzle dalam tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Ditambah dengan visual yang dipoles begitu baik, efek suara dan musik yang mantap, membuat setiap detik dalam permainan terasa begitu hidup. Diikuti dengan cerita yang dewasa, game ini mungkin bukan pilihan semua gamer tetapi sangat kami rekomendasikan untuk kalian coba.

Overall Score: 8/10

Publisher: Playdead
Developer: Playdead
Genre: Adventure
Release: Juni 2016
Platform: PC, Xbox One

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here