SEMARANG,KRJOGJA.com- Universitas Wahid Hasyim  (Unwahas) Semarang mengupayakan peningkatan jumlah mahasiswa asing yang kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) ini. Meski saat ini tercatat sebagai PTS Jateng memiliki mahasiswa asing program reguler terbanyak atau sekitar 300 (mahasiswa), Unwahas terus melakukan sejumlah kerjasama dalam dan luar negeri yang berimbas salah satunya pada peningkatan jumlah mahasiswa asing.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom SH MH didampingi mantan wagub Jateng yang juga pengurus yayasan Wahid Hasyim Drs Ali Mufidz MPA, anggota DPR RI yang juga pengurus yayasan Wahid Hasyim Prof Dr Noor Achmad MA dan Wakil Rektor II Dr Zain Yusuf MM kepada pers di Semarang, Senin (1/10). 

“Selain memiliki mahasiswa asing terbanyak se PTS Jateng (se Kopertis/LL Dikti Jateng), kami juga memiliki sebaran negara terbanyak pula dari asal para mahasiswa asing, dari hampir semua wilayah belahan bumi. Negara asal mahasiswa di antaranya Timor Leste, Filipina, Thailand, Libya, Afganistan, Arab dan lain sebagainya. Tahun ini kami juga akan memprioritaskan mahasiswa asing asal Kepulauan Pasific dan sekitarnya yang generasi muda sana relatif belum banyak tahu tentang Indonesia” ujar Rektor.

Sementara itu Drs Ali Mufidz MPA dan Prof Dr Noor Achmad MA menyatakan selain peningkatan jumlah mahasiswa asing, jumlah mahasiswa baru Unwahas tahun 2018 juga meningkat sangat signifikan. Peningkatan mencapai lebih dari 600 mahasiswa, lebih banyak dibanding peningkatan tahun sebelumnya. (sgi/isi) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here