5 Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2 Jutaan

Sedang mencari kamera mirrorless murah untuk keperluan vlogging atau fotografi? Untuk Kamu yang memiliki hobi memotret atau membidik video dengan menggunakan kamera mirrorless, pastikan Kamu tidak asal pilih. 

Pastikan Kamu cek kualitas dan spesifikasi kamera mirrorless yang Kamu akan beli. Sebagai referensi, berikut kami berikan informasi tentang 5 kamera mirrorless murah yang dibanderol dengan harga 2 jutaan rupiah dan bisa jadi pilihan kamera terbaik untuk hobi fotografi atau videografi Kamu. 

Namun pastinya kamera yang kami rekomendasikan untuk Kamu tersebut bukan jenis kamera baru, melainkan kamera second. Namun untuk kualitas masih sangat oke dan relevan dipakai sekarang. Ingin tahu apa saja kamera mirrorless murah yang kami rekomendasikan? Let’s check these out!

Sony Nex 3

Sony Nex 3

Sony Nex 3 merupakan sebuah kamera mirrorless murah dari Sony yang diproduksi pada tahun 2003 dan kini sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan. Kamu bisa menemukan Sony Nex 3 dengan kondisi bekas yang dibanderol mulai harga 2 juta sampai 2,5 juta rupiah.

Sony Nex 3 hadir dengan ukuran fisik sebesar 129 x 95 x 78 mm disertai bobot 492 gram. Diklaim bahwa Sony Nex 3 merupakan sebuah kamera APS-C paling kecil dan paling ringan yang memiliki lensa dapat diganti – ganti. Sensor pada Sony Nex 3 mencapai 16 MP dan menjadikan bidikan menggunakan Sony Nex 3 hasilnya akan setara dengan kamera DSLR. 

Pada bagian layar, layar Sony Nex 3 seluas 2,7” dengan daya putar sampai 180 derajad ke arah depan yang menjadikan pengguna dapat melakukan self portrait dengan mudah. Layar sebesar 2,7” tersebut ditunjang dengan resolusi 1280 x720 pixel yang menjadikan hasil output bidikan objek di layar sangat jelas, jernih dan tajam.

Pada Sony Nex 3, Sony telah memberikan teknologi Auto Object Framing dimana fitur ini merupakan sebuah fitur yang dapat menjadikan pengguna mampu mengatur komposisi dalam sebuah scene secara otomatis dengan mengenali subjek utama didalam frame. 

Tuas zoom yang mengelilingi tombol shutter release pun disediakan pada Sony Nex 3. Dengan tuas zoom ini menjadikan pengguna akan lebih mudah mengoperasikan kamera utamanya jika pengguna Sony Nex 3 terbiasa menggunakan kamera saku.

Olympus EPL 2

Olympus EPL 2

Di telinga orang Indonesia, kamera Olympus EPL 2 memang kurang familiar oleh sebab itu jenis kamera ini kurang diminati. Namun soal kualitas dan hasil foto yang dihasilkan tak perlu Kamu ragukan lagi. Kamera mirrorless murah Olympus EPL 2 kini bisa Kamu beli dengan harga mulai dari 2,1 juta rupiah.

Kamera yang dirilis pada tahun 2011 ini membawa effective megapixel sebesar 12,3 MP dan dilengkapi ISO yang dapat disetting sampai 6400. Kamera ini juga memiliki resolusi layar yang cukup besar yaitu resolusi HD 1280 x 720 pixels.

Akan Kamu temukan tombol dial mode yang terletak di sebelah kanan di dekat tombol shutter. Selain itu terdapat empat tombol arah yang dilengkapi dengan roda dial untuk mengatur pengaturan seperti shutter speed dan bukaan lensa. 

Juga terdapat tombol sendiri yang dapat digunakan untuk merekam video lebih cepat tanpa perlu memutar ke mode movie. Body yang compact dan ringan menjadikan kamera ini mudah dibawa kemana – mana.

Panasonic Lumix GX1

Panasonic Lumix GX1

Kamera CSC yang Panasonic keluarkan diberi nama Panasonix Lumix GX1. Kini produk Panasonic yang satu ini bisa Kamu beli dengan kondisi second seharga 2 juta rupiah. Untuk mendapatkan kamera yang satu ini, Kamu bisa membelinya secara online di berbagai marketplace termasuk di Tokopedia atau Bukalapak. Panasonix Lumix GX1 memiliki body yang nyaman di genggam dengan konsep grip yang sempurna. 

Dibalik Panasonix Lumix GX1 banyak fitur menyenangkan yang akan Kamu temukan. Salah satunya fitur Creative Control yang dapat digunakan pengguna untuk bereksperimen dengan berbagai macam efek fotografi menarik seperti efek retro, expressive, high key, low key, sepia, toy and miniature juga high dynamic. 

Untuk pengaturan warna, terdapat fitur photo style yang Kamu bisa manfaatkan. Melalui Panasonix Lumix GX1, Kamu juga dapat mengatur setting kontras, ketajaman, saturasi warna dan pengurangan noise pada hasil tangkapan objek yang dibidik. 

Panasonix Lumix GX1 membawa sensor yang bagus sebesar 16 MP yang mampu menghasilkan foto dengan format JPEG dengan hasil terang dan tajam. Untuk akurasi white balance pada setting auto dari Panasonix Lumix GX1 tidak terlalu oke, masih perlu ditingkatkan. Utamanya ketika Kamu memotret suatu objek pada ruangan dengan lampu kuning. Namun jika Kamu membidik objek di lingkungan yang terang atau di bawah cahaya yang memadai maka hasilnya sudah tajam dan jernih.

Samsung NX2000

Samsung NX2000

Mungkin bagi sebagian besar penggemar Samsung, produk Samsung lebih familiar sebagai produsen smartphone kelas atas. Akan tetapi sebenarnya produk Samsung tidak hanya menyajikan produk smartphone kelas atas saja.

Masih banyak produk elektronik lain yang Samsung keluarkan termasuk di lini kamera. Salah satu kamera besutan Samsung adalah Samsung NX2000 yang memiliki kualitas sangat bagus untuk membidik foto atau pun video. 

Kamera ini dirilis pada tahun 2013 yang membawa sensor CMOS dengan resolusi sebesar 20,3 MP. Kamera ini mampu merekam video full HD dengan ukuran resolusi 1920 x 1080 pixel, 1920 x 810 pixel, 1280 x 720 pixel, 640 x 480 pixel, dan 320 x 240 pixel. 

Kamera Samsung NX200 merupakan varian kamera mirrorless murah yang paling worth it untuk dimiliki sebab kamera ini menawarkan segudang fitur yang membuat pengalaman fotografi semakin menyenangkan. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Samsung NX2000 diantaranya yaitu menawarkan ISO  yang dapat diekspansi hingga kapasitas 25600, memiliki layar touchscreen yang dapat digunakan, di dukung konektivitas wifi dan tersemat slot memori microSD yang bisa Kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai foto atau video.

Untuk memiliki Samsung NX2000, Kamu bisa membeli kamera ini secara online dengan harga mulai dari 2,1 juta rupiah.

Canon EOS M

Canon EOS M

Last but not least ada kamera mirrorless murah dari Canon yang bisa Kamu bawa pulang. Kamera Canon tersebut adalah Canon EOS M yang merupakan generasi kamera mirrorless pertama dari Canon yang kini dapat Kamu beli dengan harga 2,2 juta rupiah saja. 

Canon EOS M datang dengan tipe sensor CMOS yang membawa resolusi kamera sebesar 18 MP. Kamera ini didukung oleh format sensor APS-C yang dapat menjadikan hasil foto sangat tajam dan jernih. Kamera ini juga memiliki ISO yang dapat diekspansi sampai 12800 dan mampu menghasilkan video dengan resolusi besar. 

Pelajari juga yuk Tips Beli Kamera Mirrorless Bekas Versi Pedagang Kamera agar kamu gak salah pilih pas beli kamera mirrorless second.

Kamu yang sedang mencari kamera mirrorless murah, itulah beberapa varian kamera mirrorless seharga 2 jutaan rupiah yang dapat Kamu bawa pulang. Jadikan salah satunya sebagai kamera pilihan untuk menjadi teman fotografi atau videografi Kamu.