Selain memiliki nuansa budaya khas Jawa yang sangat kental, hal menarik yang Den Bagus dan Den Ayu bisa temukan di Jogja adalah wisata pantainya. Ya, banyak wisata pantai di Jogja yang tersebar dengan ciri khas, keindahan dan keunikan tersendiri.

Lantas, bagaimana dengan Den Bagus atau Den Ayu di sini? Kamu lebih suka berwisata di wisata budayanya Jogja atau wisata pantainya Jogja nih? 

Buat Den Bagus atau Den Ayu yang ingin melakukan perjalanan wisata di wisata pantai Jogja, ada beberapa wisata pantai yang direkomendasikan banget untuk Den Bagus dan Den Ayu Kunjungi. Simak yuk informasi selengkapnya berikut ini!

7+ Wisata Pantai di Jogja

Pantai Timang

Pantai Timang
pantainesia.com

Alamat : Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Tidak hanya memiliki pasir putih yang indah dan ombak yang beralun mesra. Pantai Timang menjadi salah satu wisata pantai di Jogja yang menyimpan keunikan yang berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya.

Daya tarik yang sekaligus menjadi ciri khas dan keunikan dari Pantai Timang ini adalah terdapatnya sebuah pulau karang di tengah lautnya. Untuk bisa sampai di sana, ada dua cara menyeberang laut menuju pulau karang yang bisa dilakukan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan jembatan gantung dan cara yang kedua adalah menyeberang dengan gondola timang atau kereta gantung. Kamu harus mengorbankan kocek sekitar 200 ribu rupiah untuk naik kereta gantung atau gondola timang ini. Sementara kalau menggunakan jembatan gantung harus membayar 100 ribu rupiah untuk menyeberang.

Namun baik menyeberang laut menuju pulau karang dengan menggunakan jembatan gantung atau gondola timang, keduanya sama – sama akan memacu adrenalin kamu dan pastinya akan menjadi sebuah pengalaman liburan yang seru kamu lalui.

Di sekitar pantai juga ada beberapa rumah makan yang menawarkan aneka ragam olahan ikan laut seperti ikan bakar atau olahan cumi dan kepiting. Kalau lapar, kamu bisa memilih untuk makan di sana. Kalau ingin mencari oleh – oleh berupa souvenir seperti baju pantai atau tas, kamu juga bisa membelinya di beberapa kios oleh – oleh yang ada di sekitar kawasan Pantai Timang. Lengkap banget deh pokoknya!

Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunungkidul
jogjaonstage.com

Alamat : Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 24 jam non stop

Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Jika Pantai Timang punya daya tarik berupa pulau karang yang bisa diseberangi dengan gondola timang atau jembatan gantung, maka Pantai Jogan memiliki daya tarik lainnya. Pantai Jogan merupakan sebuah wisata pantai di Jogja yang punya daya tarik lain berupa air terjun di bibir pantai.

Kapan lagi Den Ayu dan Den Bagus menyaksikan pesona laut lengkap dengan air terjun dalam satu area lokasi wisata kalau bukan di Pantai Jogan?

Oleh sebab itu, kalau kamu berlibur di Jogja wajib banget datang ke sini. Selain air terjun di bibir pantai yang menjadi oase bagi pantai ini, daya tarik lain yang bisa kamu dapatkan adalah pesona sunset yang indah. Jadi pemburu foto siluet wajib banget nih menanti hadirnya sunset dan berfoto dengan latar belakang pemandangan indah ini sebelum pulang.

Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah Kulon Progo DI Yogyakarta
ridhannaa.blogspot.com

Alamat : Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo ( buka peta )

Jam buka : 24 jam non stop

Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Kalau kamu sedang mencari pantai dengan laguna yang indah, desir angin yang lembut, ombak yang cantik dan berbagai daya tarik lain maka kamu wajib datang ke sini. Ya, Pantai Glagah merupakan sebuah wisata pantai yang sangat menarik dan menyimpan beragam daya tarik di dalamnya, di antaranya:

Laguna Pantai Glagah yang indah

Laguna yang bisa kamu saksikan di Pantai Glagah merupakan sebuah laguna yang terbentuk karena terdapatnya area cekung dengan sekat alami menggunakan pasir serta batu karang dan pada akhirnya membentuk sebuah telaga luas dengan terisi air yang sangat tenang di dalamnya.

Kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru di sini. Kamu bisa berendam atau berenang di sekitar laguna bahkan melakukan berbagai kegiatan wisata air menggunakan perahu kayuh, sampan atau kano untuk mengelilingi laguna.

Memiliki dermaga dengan tetrapod berjajar

Tidak hanya terdapat sebuah dermaga tempat bersandarnya kapal – kapal nelayan, kamu juga akan menemukan tetrapod yang berjajar di sisi barat. Tetrapod tersebut berjumlah ratusan yang fungsinya digunakan untuk memecah ombak yang besar dan keras agar abrasi yang terjadi tidak semakin parah.

Selain terdapat tetrapod dan dermaga yang bisa kamu temukan, terdapat sebuah gardu pandang juga yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati kawasan Muara Sungai Serang. Suasana alam yang terhampar indah dapat kamu saksikan.

Terdapatnya stupa

Pada wisata pantai di Jogja ini, tidak hanya wisata alam berupa pantai saja yang dapat kamu nikmati. Kamu juga dapat menikmati sebuah situs bersejarah yang bernama Stupa Glagah. Kabarnya stupa ini merupakan peninggalan masa pemerintahan Bupati Cangakmengeng di Kadipaten Sios.

Oleh masyarakat sekitar, cagar budaya ini diyakini berasal dari abad ke-6 Masehi dan menjadi lokasi tempat bertapanya anak sang Bupati yang bernama Nyi Sekar Kenanga.

Spot sunrise dan sunset terbaik di Jogja

Kalau bicara tentang pantai, hal yang tak boleh terlewatkan adalah pesona sunset dan sunrise yang ditawarkan dan Pantai Glagah menjadi salah satu wisata pantai di Jogja yang menawatkan keindahan itu. Jadi pastikan kamu yang berkunjung ke sini membawa HP dengan kamera mumpuni atau membawa kamera DSLR untuk membidik foto sunset atau sunrise yang menawan. Jangan lupa abadikan foto siluet terbaik kamu pada momen tersebut.

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo
brobali.com

Alamat : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Tidak kalah menarik dengan destinasi wisata pantai di Jogja yang sebelumnya sudah disebutkan. Pantai Wedi Ombo juga menjadi salah satu wisata pantai yang punya ciri khas dan keunikan tersendiri. Selain pantai yang indah, keunikan dari Pantai Wedi Ombo bisa disaksikan dengan terdapatnya cekungan air yang berfungsi sebagai kolam renang di tepi pantainya.

Di cekungan kolam tepi pantai tersebut, anak – anak bisa berenang dan bermain air dengan menggunakan ban. Sesekali, ombak yang besar akan bertatapan dengan bebatuan di sekitar pantai kemudian memuntahkan air ke dalam kolam tersebut menjadikan aktivitas berenang semakin seru.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
bapermulu.com

Alamat : Pule Gundes II, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 24 jam non stop

Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Jika kamu tertarik berwisata di wisata pantai dengan ombak tenang dan pasir putih yang mendamaikan, maka berkunjung ke Pantai Sadranan perlu kamu lakukan. Di sini ombaknya sangat tenang sehingga aktivitas snorkeling berpotensi dilakukan.

Kamu juga bisa bersantai atau berenang di tepian pantai jika memang ingin berbasah – basahan dengan air. Terdapat gazebo berjajar di tepi pantai yang bisa menjadi tempat kamu bersantai setelah bermain air. Juga terdapat warung makan yang menyediakan aneka ragam menu yang dapat kamu pesan.

Untuk kamu yang ingin menyaksikan pesona sunrise Pantai Sadranan yang indah, kamu bisa menginap di penginapan yang terletak tak jauh dari pantai ini. Kamu pun juga bisa meminta izin mendirikan camping di tepi pantai kepada petugas jika memang menginginkannya.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
wisatabagus.com

Alamat : Desa Tepus, Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 24 jam non stop

Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Lokasi Pantai Pok Tunggal memang terpencil di balik bukit. Akan tetapi walau terpencil, tempat wisata pantai di Jogja ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik ketika weekday atau weekend. Ada banyak aktivitas wisata pantai yang bisa dilakukan di sini mulai dari bermain pasir, jalan – jalan di tepian pantai, berenang, berjemur, berfoto, diving, snorkeling bahkan sampai dengan melakukan aktivitas ekstrim yaitu panjat tebing.

Salah satu hal mencolok yang bisa disaksikan di Pantai Pok Tunggal dan sekaligus menjadi alasan mengapa pantai ini dinamakan sebagai Pantai Pok Tunggal adalah karena terdapatnya sebuah pohon duras yang tumbuh rindang di bibir pantai ini.

Ya, pohon tersebut adalah satu – satunya pohon yang tumbuh di pantai ini dan menjadi sebuah pohon ikonik yang menjadi ciri khas pantai. Sampai saat ini pohon duras yang katanya sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat dan tak boleh ada satu orang pun yang mengusik atau bahkan menebangnya.

Selain itu, Pantai Pok Tunggal yang dikelilingi tebing ini juga menjadi tempat terbaik panjat tebing. Terdapat tebing – tebing tegak yang mengelilingi pantai dan barisan tebing karang setinggi 50an meter tersebut bisa jadi tempat terbaik panjat tebing untuk kamu yang suka melakukannya. 

Namun tetap harus berhati – hati dalam menjalankan semua aktivitas di sini ya! Patuhi semua aturan yang sudah diinformasikan oleh petugas.

Pantai Siung

Pantai Siung
wisatabagus.com

Alamat : Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ( buka peta )

Jam buka : 24 jam non stop

Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Selain memiliki kontur pantai yang indah dengan ombak besarnya yang cocok jadi tempat surfing, Pantai Siung juga menjadi salah satu pantai terbaik untuk melakukan panjat tebing.

Batu karang raksasa yang berjajar kokoh di Pantai Siung selain menjadi suatu pemandangan yang unik juga memiliki fungsi sebagai spot panjat tebing sejak tahun 1989. Kemudian pada tahun 2005, terdapat ajang Asean Climbing Gathering yang diselenggarakan di Pantai Siung ini. Sejak saat itu, pemerintah Yogyakarta menjadikan Pantai Siung sebagai lokasi terbaik di Jogja untuk melakukan panjat tebing.

Selain menjadi tempat yang cocok dijadikan area panjat tebing, Pantai Siung juga menjadi spot terbaik untuk kamu yang ingin camping sembari menanti sunset atau sunrise yang indah. Kamu pun bisa bersantai di tepian sembari menikmati alam dengan tiduran di hammock yang disediakan di sekitar pantai. 

Untuk Den Bagus dan Den Ayu yang sedang berlibur di Jogja, jangan lupa juga untuk menyempatkan mampir di berbagai tempat berburu oleh – oleh yang ada di Jogja sebelum pulang. Dapatkan berbagai macam oleh – oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang untuk  keluarga tercinta di rumah. Selamat berlibur seru di Jogja!