Series iPhone 14 yang dirilis pada September 2022 memberikan warna baru bagi pecinta iPhone. Series ini hadir dalam beberapa varian salah satunya iPhone 14 Pro yang terkategori sebagai series iPhone 14 kelas menengah. Banyak review iPhone 14 Pro bertebaran pada akhirnya.

Ya, hal tersebut juga terjadi karena peminat iPhone 14 Pro yang sangat besar. Antusiasme pecinta iPhone menyambut kedatangan series ini benar – benar luar biasa. 

Banyak hal yang ingin orang tahu tentang iPhone 14 Pro, di antaranya soal apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro? Berikut reviewnya!

Review iPhone 14 Pro, Kelebihan dan Kekurangan 

Hal pertama yang akan kita bahas dalam review iPhone 14 Pro kali ini adalah kelebihannya. Ada beberapa keunggulan atau kelebihan utama yang bisa ditemukan dari iPhone 14 Pro, di antaranya : 

Varian warna yang cukup banyak

Sadar bahwa penggemar iPhone datang dari berbagai kalangan baik muda sampai orang dewasa, hal tersebut lantas menjadikan iPhone 14 Pro didesain dengan beberapa varian warna yang bisa dipilih. 

iPhone 14 Pro hadir dengan varian warna deep purple, silver, gold, dan juga space black yang masing – masing memiliki ukuran 6,1” dan 6,7”.  Warna space black cenderung disukai kaum pria dan golongan orang yang sudah berumur. 

Sementara warna yang warm dan soft seperti silver kebanyakan disukai wanita dan anak muda. Mereka yang ingin mengekspresikan diri dengan iPhone biasanya akan memilih warna dinamis seperti gold atau deep purple. 

Dibekali layar OLED super retina XDR

Layar perangkat menggunakan OLED super retina XDR dengan tingkat kecerahan mencapai 2 ribu nits. Dengan dukungan fitur layar tersebut, Apple juga mengklaim bahwa layar mereka 2 kali lebih terang ketika dipakai dibawah sinar matahari.

Memanfaatkan Dynamic Island

Apple menanggalkan notch yang ada di versi sebelumnya dan memilih untuk menggunakan punch hole Dynamic Island pada series ini. 

Teknologi tersebut memadukan antara software dan estetika dimana notifikasi dan aktivitas pengguna akan muncul di bagian hitam layar. Hal ini menjadi salah satu inovasi baru dari Apple yang dinantikan pengguna sekaligus memberikan kesan dan warna baru bagi pecintanya.

Didukung layar kunci otomatis

Pengguna tak perlu lagi mengetuk layar untuk membuka atau mengetahui notifikasi yang muncul ketika menggunakan iPhone 14 Pro ini. Layar otomatis akan menjadi gelap ketika dihadapkan ke bawah atau disimpan dalam saku dimana hal tersebut dapat membantu pengguna agar perangkat jadi lebih hemat baterai.

Didukung widget terbaru

iPhone 14 Pro sendiri didukung wajah baru seperti salah satunya widget yang lebih update dibandingkan versi sebelumnya. iOS 16 digunakan pada perangkat iPhone 14 Pro ini yang menjadikan layar kunci terkesan lebih fresh dan menyenangkan. Begitulah hal yang sering disebutkan dalam berbagai review iPhone 14 Pro dan sekaligus menjadi daya tarik baru bagi perangkat ini.

Dibekali konektivitas satelit

Dengan konektivitas satelit, pengguna dapat mengirimkan suatu signal darurat terkait kondisi dan lokasi yang tidak terjangkau oleh signal seluler. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat dalam kondisi mendesak karena pengguna bisa tetap melakukan panggilan darurat meski tidak sedang terkoneksi dengan jaringan seluler atau internet.

Ketahanan baterai mumpuni

Ketahanan baterai iPhone 14 Pro juga mumpuni. Kalau dibandingkan dengan iPhone 13 yang lebih dulu meluncur, iPhone series ini memiliki ketahanan baterai yang lebih lama sampai 29 jam jika digunakan memutar video dan bisa bertahan lebih dari 35 jam untuk kondisi pemakaian normal.

Lantas apa yang menjadi kekurangannya?

Sebenarnya kalau soal ketangguhan perangkat, banyak orang memilih iPhone karena dirasa tak terlalu banyak kekurangan dari konektivitas perangkat ini meski dibanderol mahal dan bahkan jauh lebih mahal dibandingkan perangkat sejenis. 

Selain itu brand yang satu ini juga sudah dikenal dunia sebagai brand yang pricy sehingga pengguna akan merasa mewah menggunakannya. 

Namun hal yang cukup membuat orang merasa iPhone 14 Pro terkesan biasa adalah desain dan ukuran layarnya yang dianggap sama dengan iPhone versi sebelumnya yaitu iPhone 13. Hal tersebut yang kemudian membuat beberapa pengguna iPhone 13 memutuskan untuk tetap bertahan dengan iPhone 13.

Namun overall, soal kenyamanan iPhone 14 Pro wajib dipertimbangkan. Akan banyak ditemukan hal – hal eksklusif dari perangkat besutan Apple ini.