Salah satu kota di Indonesia yang sangat cocok dijadikan pilihan tempat menetap adalah Jogja. Tidak hanya soal banyaknya tempat wisata yang ada di sana, masih banyak alasan lain yang turut melatarbelakangi mengapa tinggal di Jogja sangatlah ‘worth it’. 

Beberapa alasan mengapa Jogja sangat layak dijadikan pilihan tempat tinggal di antaranya adalah : 

1. Akses transportasi yang mudah dan memadai

Di Jogja, pilihan transportasinya masih sangat banyak. Bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, menemukan transportasi umum di Jogja masih sangatlah mudah. Angkutan umum seperti bus masih menjadi transportasi umum yang digunakan. 

Bahkan transportasi umum tradisional seperti becak pun masih bisa ditemukan di kota wisatanya Jawa Tengah ini meski lebih banyak beroperasi di daerah sekitar tempat wisata seperti di Malioboro atau pun Pasar Beringharjo. 

2. Tingkat kemacetan yang cenderung rendah 

Terlebih jika kita bandingkan dengan kota – kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, maka tingkat kemacetan di Jogja bisa dibilang sangat rendah. Kota ini juga dikelilingi wilayah Ring Road Utara, Timur dan Barat yang menyebabkan warga Jogja bisa menuju ke berbagai wilayah Jogja dengan lebih mudah. 

3. Penduduk yang masih sangat ramah dan sederhana

Kalau Anda merupakan orang pendatang baru yang baru saja pindah ke Jogja, jangan khawatir tersesat di kota ini karena jika pun tersesat Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat yang sangat ramah. 
Gaya hidup mereka juga sederhana sehingga tak perlu khawatir kalau Anda menggunakan barang murah akan dipandang sebelah mata di kota ini. Warga Jogja juga terkenal sebagai masyarakat yang memiliki kepribadian guyub rukun atau peduli terhadap sesama. Jiwa gotong royong dan bahu membahunya masih sangat tinggi. 

4. Memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi

Warga Jogja sangat menjunjung tinggi nilai seni dan budaya. Hal tersebut bukan hanya terlihat dari bagaimana warga Jogja melestarikan situs – situs warisan budaya saja melainkan juga tercermin dari banyaknya agenda kesenian atau kebudayaan yang masih dilakukan sampai saat ini. Oleh karena itu mencari hiburan kesenian dan kebudayaan di Jogja sangatlah mudah. 

5. Sarana pendidikan sangat memadai

Aspek lain yang turut menjadi bahan pertimbangan seseorang ketika mencari tempat tinggal adalah sarana pendidikannya. Nah, di Jogja sarana pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai dengan perkuliahan sangatlah memadai. 

Bahkan salah satu kampus terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada yang memiliki banyak lulusan berprestasi ada di Jogja.

6. Tingkat kriminalitasnya rendah

Kalau bicara tentang tingkat krimininalitas bukan hal yang tabuh lagi kalau banyak orang menganggap Jakarta sebagai kota yang penuh ancaman. Namun lain halnya dengan wajah Jogja, angka kriminilitas di Jogja cenderung rendah dibandingkan banyak kota besar lainnya di Indonesia. 

Namun meski begitu, menerapkan prinsip kehati – hatian dalam berinteraksi dengan orang lain atau ketika berkunjung ke suatu tempat tetap diperlukan. Karena setiap orang tentu bertanggung jawab terhadap diri orang itu sendiri. 

7. Biaya hidup yang cenderung murah

Biaya hidup di Jogja juga jauh dari kata mahal. Tidak hanya harga makanan yang murah meriah, bahkan harga tempat tinggalnya seperti kos atau sewa rumah di Jogja sangatlah terjangkau. Menemukan tempat kos dengan harga 500 ribu rupiah per bulan juga cukup mudah.